Senin, 21 Juni 2021 - 22:24 WIB

Begini Cara Facebook Cegah Aksi Penipuan

Oleh :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: image1

Filename: fron/detail-blog.php

Line Number: 1289

https://mediatelematika.net/files/media/" alt="Begini Cara Facebook Cegah Aksi Penipuan" width="100%">

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: deskripsi

Filename: fron/detail-blog.php

Line Number: 1291

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: deskripsi

Filename: fron/detail-blog.php

Line Number: 1291


m_Telematika (Jakarta) - Facebook kini memiliki fitur baru untuk menangkal aksi penipuan. Fitur ini akan menampilkan pesan peringatan jika ada orang mencurigakan yang menghubungi pengguna.

Fitur tersebut akan mendeteksi penipu sebelum membahayakan pengguna.

Dikutip dari Phone Arena, Jumat (22/5/2020), pengguna di bawah usia 18 tahun akan melihat peringatan ketika mereka menerima pesan dari orang dewasa yang tidak mereka kenal. Peringatan juga akan muncul ketika pengguna dihubungi oleh seseorang yang tidak ada dalam daftar teman mereka.

Facebook menggunakan algoritma pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi penipu. Ketika seseorang mencoba menyamar sebagai salah satu teman, misalnya, sistem akan melihat kesamaan dalam nama dan menampilkan pesan "Obrolan ini dengan seseorang yang namanya mirip dengan teman yang lain."

Pengguna kemudian dapat dengan mudah memblokir orang yang mencurigakan tersebut dari jendela obrolan yang sama.

"Fitur-fitur ini menunjukkan integrasi yang hebat dari alat-alat teknis yang akan membantu mengekang perilaku buruk di platform tersebut, sekaligus mengingatkan orang-orang tentang kendali mereka sendiri atas akun mereka," ujar CEO Family Online Safety Institute, Stephen Balkam.

Terlepas dari semua langkah keamanan modern, seperti enkripsi, perlindungan kata sandi dan pemeriksaan identitas, penipu memiliki skema rumit untuk mengelabui korban mereka.

Fitur baru di Messenger ini bertujuan agar pengguna mendapatkan informasi dan mengingatkan mereka untuk berhati-hati saat mengobrol dengan orang asing.


Editor: P.S