Selasa, 22 Juni 2021 - 00:02 WIB

Shop Integrasikan ‘Dagangan’ di Facebook dan Instagram

Oleh :

Shop Integrasikan ‘Dagangan’ di Facebook dan Instagram

ikustrasi Fitur 'Shops' pada Facebook


m_Telematika (Jakarta) - Sebagian orang menjajakan dagangannya melalui Facebook, bahkan dari kegiatan ini disediakan ‘Facebook Business’ yang menyediakan jangkauan ke pelanggan sesuai keinginan penggunanya.

Selain itu Facebook juga telah menyediakan ‘Market Place’ yang dapat digunakan penjual menawarkan barang dan jasanya secara spesifik. Namun, ini masih terpisah dengan platform media sosial (medsos) lain yang baru dipunyai Facebook yakni Intagram dan WhatsApp.

Sebelumnya, kedua medsos ini juga telah memiliki plarform bisnis yank Instagram Business dan WhatsApp Business. 

Facebook memperkenalkan Shops yang memungkinkan penggunanya untuk menjual dan mempromosikan bisnis di halaman Facebook dan Instagram. Jadi, produk yang sudah terdaftar di Facebook akan terintegrasi dengan Instagram.

Dengan demikian, penjual akan dapat menjaring pembeli dari Facebook dan Instagram. "Ini adalah satu pengalaman sederhana di seluruh rangkaian aplikasi, yang mempermudah orang-orang," kata Mark Zuckerberg, Chief Executive Officer (CEO) Facebook pada Rabu (20/5/2020)

Facebook Shops merupakan sebuah inisiatif untuk mendukung pelaku usaha kecil pada masa pandemi Corona Virus Disease 2019/Covid-19 (Virus Korona). 

“Saat ini ada sebanyak lebih dari 160 juta pelaku usaha kecil yang menggunakan Facebook untuk menjual produknya,” ujarnya. 

Shops juga akan terintegrasi dengan WhatsApp dan Facebook Messenger pada beberapa bulan nanti. Jadi, pelaku bisnis akan dapat menjual produknya kepada pelanggan melalui obrolan di WhatsApp, Facebook Messenger, dan Instagram Direct. 

Facebook Shops memungkinkan para pelaku bisnis dapat mengunggah katalog produk, menampilkan produk pada halaman depan, dan menyesuaikan gambar sampul dengan berbagai pilihan warna. (CNBC/mam) 

 

Editor: Ade Maulidin