Senin, 26 Juli 2021 - 09:26 WIB

Finlandia Miliki Gamer Hebat Untuk Berbagi Kategori

Oleh :

Finlandia Miliki Gamer Hebat Untuk Berbagi Kategori

pengembang sekaligus penerbit game asal Inggris, Kwalee


m_Telematika (Jakarta)-Kemunculan internet membuat main game tidak hanya dapat berlangsung di suatu tempat. Namun, ini bisa dilakukan bersama di suatu negara, bahkan sedunia. 

Dengan demikian, game dianggap tidak hanya suatu permainan saja, tetapi sebagai olahraga yang dikenal sebagai electronic sport (e-sport). Hal ini menjadikan suatu game yang dilombakan antarnegara.

Suatu perusahaan pengembang sekaligus penerbit game asal Inggris, Kwalee, melakukan riset negara mana yang memiliki pemain game paling handal di dunia. Riset ini menggunakan data yang dimiliki oleh situs speedrun.com. 

Data yang disediakan situs speedrun.com bagi Kwalee adalah berbagai penghargaan yan diterima oleh pemain game di dunia. Hal ini termasuk judul game, jumlah pemain, dan pencapaian setiap pemain.

Kwalee berhasil menghimpun data sebanyak 42.000 lebih pencapaian pemain dari 16.000 judul game. Pencapaian ini meliputi skor pertandingan yang diperoleh semua pemain di suatu negara. 

Total hasil pertandingan yang diperoleh semua pemain dibagi dengan jumlah populasi yang terdapat di negara untuk mendapatkan jumlah rata-rata pencapaian game. Jumlah rata-rata ini sebagai acuan untuk menetapkan peringkat. 

Dari penilaian tadi diputuskan oleh Kwalee bahwa Finlandia sebagai negara yang memiliki gamer paling hebat di dunia. Kemudianm Kanada dan Swedia menyusul di posisi kedua dan ketiga. 

Daftar lengkap negara yang memiliki pemain game paling hebat adalah 

1. Finlandia 

2. Kanada 

3. Swedia 

4. Selandia Baru 

5. Australia 

6. Amerika Serikat 

7. Belanda 

8. Skotlandia 

9. Irlandia 

10. Perancis 

Kwalee juga mengurutkan peringkat berdasarkan kategori game tertentu seperti sports, racing, fighting, dan shooter. Kategori tersebut diurutkan berdasarkan jenis game mulai game racing seperti DiRT, Mario Kart, Gran Turismo, Forza, dan F1. 

Kategori sports meliput game FIFA, Tony Hawk’s Pro Skater, Jetpack Pump, dan game bertema olahraga lainnya. 

Kategori game shooter berdasarkan beberapa game seperti Call of Duty dan seri Battlefield. aftar lengkapnya. Daftar kategori Game Racing 

1. Skotlandia 

2. Estonia 

3. Hungaria 

4. Inggris 

5. Finlandia 

Kategori Game Sports 

1. Norwegia 

2. Wales 

3. Finlandia 

4. Inggris 

5. Kanada 

Kategori Game Fighting 

1. Jepang 

2. Irlandia 

3. Kanada 

4. Swedia 

5. Wales 

Kategori Gamer Shooter 

1. Amerika Serikat 

2. Selandia Baru 

3. Inggris 

4. Finlandia 

5. Australia

Editor: Ade Maulidin