Senin, 26 Juli 2021 - 07:41 WIB

Perilaku Berinternet Masyarakat Berubah

Oleh :

Perilaku Berinternet Masyarakat Berubah

work from hone


m_Telematika (Jakarta)-Biznet menilai perilaku berinternet masyarakat berubah didorong situasi dan kondisi sekarang yang mengharuskan penggunaan internet seperti berbelanja produk dan melakukan transaksi keuangan. 

Bahkan, hal itu terjadi pada cara bekerja dari rumah dan belajar dari rumah secara daring. Ekosistem digital diklaim telah siap memberikan dukungan tersebut. 

“Kami memantau perubahan aktivitas pelanggan yakni traffic internet tinggi sekali untuk work from home, ibadah online, kursus online sampai tutorial olahraga di rumah,” kata Yudie Haryanto, Vice President Marketing Biznet dalam diskusi daring pada Rabu (22/4/2020).

Dengan demikian Biznet membantu penutupan 100 toko konvensional menjadi toko digital dan mematikan 1.300 dari 2.000 titik hotspot. Selain itu menaikkan bandwith, menurunkan harga instalasi, membuat panduan streaming untuk para guru dan komunitas.

Biznet juga menyuguhkan layanan video conference meet.biznetgio.com dengan bandwith lokal. "Hotel, restoran, dan kafe banyak yang meminta relaksasi, potongan harga dan minta free karena hotel tutup total, minta pengurangan harga dan downgrade layanan juga," ujarnya. 

Kebutuhan internet yang tinggi tidak hanya di tingkat provinsi, malahan ini telah meluas ke tingkat kabupaten dan kota akibat pandemi corona virus disease 2019/covid-19 (virus korona). Hal ini dilihat dari kenaikan pelanggan baru sebesar 30% dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. 

Dengan demikian, Biznet meminta dukungan pemerintah daerah (pemda) berupa pemberian izin kepada penyedia internet secara mudah. “Biznet berencana ke Jepara, Sanur, dan Bandarlampung,” jelasnya. (mam) 

 

Editor: Ade Maulidin