Rabu, 15 Juli 2020 - 03:02 WIB

IG Kamu Kena Hack?


Oleh :

IG Kamu Kena Hack?

Haryo Ardito



KEJAHATAN tak pernah lenyap dari muka bumi, begitu pula di dunia maya ada aja hacker dan penipu berkeliaran. Yang penting harus tahu cara antisipasi dan cara mengatasinya, lebih penting lagi jangan kapok ya.

(http://facebook.com/groups/motivatord)

Berikut ini cara mengatasi IG yang kena hack.

1. Buka help.instagram.com lalu pilih "Privacy & Safety"

Jadi, kalau akun Instagram-mu ke hack maka jangan ragu untuk meminta bantuan via help.instagram.com lalu pilih menu Privacy & Safety > Report Something > Hacked Account > I Think my account has been hacked > Report it to us.

Setelah itu, akan ada beberapa pertanyaan yang muncul dan kamu perlu mengisinya dengan benar dan sejelas-jelasnya.

2. Sama seperti langkah pertama, tapi pilih menu "Impersonation Account"

Langkah-langkahnya hampir sama kok seperti di atas, hanya saja pilih menu Impersonation Account untuk melaporkan bahwa akunmu diambil alih sama orang lain. Perlu diingat, untuk melaporkan akunmu yang kena hack pakai cara ini maka kamu wajib mengisi form yang sudah disediakan Instagram dengan email lengkap yang kamu gunakan untuk mendaftar awal ke Instagram. Selain itu, pastikan sekarang akun Instagram mu sudah berganti nama atau tidak. Kalau berganti nama, maka kamu wajib memasukkan nama yang sekarang digunakan akunmu agar pihak Instagram bisa dengan mudah membantu mengembalikannya.

3. Jika sudah berhasil lapor, maka akun Instagram-mu akan hilang!

Gak usah panik, itu memang langkah dari pihak Instagram untuk memastikan bahwa memang ada tindakan pembobolan terhadap akunmu. Kamu gak bakal bisa mencari nama akunmu di kolom pencarian dan saat kamu mengetik nama akunmu maka akan muncul "user not found".

Ingat, saat nama akunmu gak bisa ditemukan jangan coba-coba mendaftar lagi di Instagram dengan nama akun yang sama. Soalnya, itu malah bisa bikin pihak Instagram bingung dan malah bikin kamu seakan-akan jadi pihak yang meng-hack akunmu.

4. Jangan bosan cek email!

Pasca laporan, cek deh emailmu. Apa ada pesan masuk dari pihak Instagram terkait laporanmu. Kalau memang ada email masuk dari Instagram terkait langkah yang perlu kamu lakukan terkait pengembalian akunmu, maka segera ikuti.

Biasanya, pihak Instagram akan meminta kamu untuk melakukan instruksi sebagai berikut: tulis tangan nama akun dan nama lengkap serta kode rahasia dari Instagram di kertas putih. Kemudian foto wajahmu dan kertas putih itu untuk memverifikasi bahwa kamu memang pemilik asli akun. Usahakan, baik posisi atau wajah sesuai dengan salah satu foto yang pernah kamu upload di Instagram atau minimal mirip dengan foto profilmu.

5. Instagram juga akan mengirim email terkait form yang perlu kamu isi (lagi) untuk mengembalikan akunmu!

Jadi, setelah mengirim balasan email terkait verifikasi data dan dirimu maka pihak Instagram sekali lagi akan mengirimimu dengan form yang perlu diisi dengan data diri terutama foto atau copy ID. Balas dan isi email satu ini dengan sejelas-jelasnya ya, guys! Jangan sampai ada informasi penting atau kolom isian yang gak terisi.

sources: https://www.idntimes.com/tech/trend/indra/gampang-banget-ini-cara-kembalikan-akun-instagram-yang-kena-hack

6. Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas, bersabarlah menunggu balasan pihak Instagram. 

Ya, biasanya sekitar 4 sampai 7 hari pihak Instagram baru akan membalas dan mengembalikan akun jadi milikmu lagi. Tandanya kalau akunmu sudah kembali adalah munculnya username-mu di kolom Pencarian. 

Ikuti langkah pemulihan akunmu sesuai dengan email balasan terakhir dari pihak Instagram dan kamu pun sudah siap kembali menggunakan akun Instagram-mu lagi. (Kerjasama dengan Digital Marketing Club/DMC)

Editor: bs2



Info Terkait
  • Jenis Kalimat Penghambat Keberhasilan

    Jenis Kalimat Penghambat Keberhasilan

    Kamis, 04 Juni 2020 - 13:08 WIB
  • 1% Kesuksesan, Source: Hacking Your Mind Book

    1% Kesuksesan, Source: Hacking Your Mind Book

    Kamis, 13 Februari 2020 - 22:06 WIB
  • Teknik dan Tren SEO 2020 yang Harus Anda Ketahui

    Teknik dan Tren SEO 2020 yang Harus Anda Ketahui

    Rabu, 05 Februari 2020 - 08:39 WIB
  • Teknik dan Tren SEO 2020 yang Harus Anda Ketahui

    Teknik dan Tren SEO 2020 yang Harus Anda Ketahui

    Rabu, 05 Februari 2020 - 08:39 WIB
  • Wal Mart

    Wal Mart

    Sabtu, 01 Februari 2020 - 02:12 WIB
  • 10 Prinsip Menjual

    10 Prinsip Menjual

    Sabtu, 18 Januari 2020 - 15:00 WIB


  • Selengkapnya