Rabu, 15 Juli 2020 - 02:39 WIB

Pemerintah dan DPR Janji Segera Bahas RUU PDP


Oleh :

Pemerintah dan DPR Janji Segera Bahas RUU PDP

Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika



m_Telematika (Jakarta)-Staf Ahli Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Henri Subiakto, menyatakan pemerintah dan DPR segera membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi (PDP).

Langkah finalisasi akan diprioritaskan oleh kedua belah pihak dalam pembahasan RUU PDP. Karena, perusahaan yang berbasis teknologi informasi (TI) rentan mengalami serangan siber. 

“Jika e-commerce berhubungan dengan pihak negara lain, itu akan menjadi pertanyaan karena Indonesia dianggap tidak aman," katanya dalam konferensi pers daring pada Selasa (5/5/2020).

Sebenarnya, Indonesia diklaim sudah memiliki aturan PDP, walaupun itu diakui terpisah keberadaannya seperti UU Informasi dan Tramsaksi Elektronik (ITE( atau UU Kependudukan. 

Pemerintah juga sudah memunyai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Aturan ini dapat digunakan untuk menangani kasus kebocoran data pengguna Tokopedia. 

“Penyelenggara sistem elektronik harus bertanggung jawab terhadap sistemnya, sementara pemerintah bertindak sebagai pengawas,” jelasnya. (mam) 

 

Editor: Ade Maulidin




Selengkapnya