Sabtu, 23 Januari 2021 - 11:41 WIB

Jangan Lupa, Aturan IMEI Berlaku Mulai 18 April

Oleh :

Jangan Lupa, Aturan IMEI Berlaku Mulai 18 April

Ilustrasi


m_Telematika (Jakarta) - Pemerintah memberlakukan aturan  validasi nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) di perangkat seluler mulai 18 April.

Kepala Subdirektorat Kualitas Layanan dan Harmonisasi Standard Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Nur Akbar Said, menyatakan konsumen bisa menghubungi layanan konsumen  operator seluler jika membutuhkan penjelasan terkait ponsel yang dimiliki atau akan dibeli.

"Untuk status IMEI, bisa tanya ke customer care operator seluler," kata Akbar, Rabu (15/4/2020).

Regulasi validasi IMEI sudah ditandangatani oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian sejak 2019. Aturan ini bertujuan untuk mencegah peredaran ponsel ilegal atau black market (BM) di Indonesia.

Setelah aturan tersebut berlaku, ponsel dengan nomor IMEI yang tidak resmi untuk diedarkan di Indonesia tidak bisa tersambung dengan layanan dari operator seluler. Dengan demikian  ponsel tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Aturan ini diterapkan mulai 18 April.  Artinya ponsel-ponsel yang dipakai sebelum tanggal tersebut tetap akan dapat dipakai seperti biasa.

 

Editor: P.S