Rabu, 15 Juli 2020 - 02:13 WIB

Musim Flu, Yuk Bersihkan Ponsel dari Bakteri


Oleh :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: image1

Filename: fron/detail-blog.php

Line Number: 1289

http://mediatelematika.net/files/media/" alt="Musim Flu, Yuk Bersihkan Ponsel dari Bakteri" width="100%">

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: deskripsi

Filename: fron/detail-blog.php

Line Number: 1291

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: deskripsi

Filename: fron/detail-blog.php

Line Number: 1291



m_TELEMATIKA (Jakarta) - Ahli Mikrobiologi University of Arizona, Profesor Charles Gerba, Phd menyatakan, ponsel pintar merupakan benda paling kotor yang ditemui setiap hari.

"Sangat jarang orang membersihkan ponsel mereka, sehingga kuman dan bakteri terus menumpuk dan menumpuk, termasuk E. coli, influenza, dan MRSA," jelas pria yang dijuluki Dr. Germ (kuman) itu, seperti dikutip dari laman Health.

Pada 2017, para peneliti di Univesity of Arizona melakukan riset tentang kuman di ponsel pintar milik siswa sekolah menengah. Mereka menemukan bahwa setiap perangkat membawa bakteri 10 kali lebih banyak daripada kursi toilet.

"Kebanyakan ponsel adalah layar sentuh, dan kuman mudah menyebar dari ponsel Anda ke tangan dan wajah Anda, meningkatkan kemungkinan infeksi," kata Gerba.

Gerba merekomendasikan untuk membersihkan ponsel pintar setidaknya sekali sehari, atau lebih sering jika Anda meminjamkannya kepada teman-teman Anda.

Berikut cara untuk membersihkan ponsel tanpa merusak perangkat:

1. Kain mickrofiber
Salah satu cara termudah untuk membersihkan ponsel Anda, terutama setelah orang lain menyentuh layarnya, adalah dengan menyekanya.

Namun, menurut Gerba, ujung baju tidak cukup untuk membersihkan layar, perlu kain mikrofiber. Anda dapat menyimpan kain mikrofiber di dompet, sehingga dapat digunakan dengan cepat menyekanya untuk menyeka perangkat.

2. Menggosok dengan alkohol dan air
Kain mikrofiber membantu, tetapi untuk tingkat pembersihan yang lebih baik, Gerba merekomendasikan untuk mencoba campuran alkohol (60 persen) dan air (40 persen) untuk digosokkan ke ponsel.

3. Tisu desinfektan
Jika Anda ingin cara yang lebih praktis, tanpa harus membuat larutan alkohol dan air, Anda dapat mencoba menggunakan tisu disinfektan yang biasa dijual dalam kemasan.

Namun, Anda perlu berhati-hati menggunakannya pada perangkat Anda. Tisu desinfektan kemungkinan menjadi pilihan yang lebih baik untuk digunakan pada kasing ponsel Anda.

4. Cairan pembersih tangan
Salah satu cara terbaik untuk tetap bebas kuman selama musim flu adalah dengan sering-sering mencuci tangan. Pastikan Anda menggunakan sabun dan air hangat untuk membilas selama setidaknya 20 detik.

Editor: P.S




Selengkapnya